dekorasi pernikahan
8 Tema Dekorasi Pernikahan Inspiratif
Februari 17, 2020
macam macam narkotika dan bahayanya
Macam-Macam Narkotika dan Bahayanya
Februari 17, 2020
10 universitas terbaik

10 Universitas Terbaik dan Info Beasiswa Luar Negeri

Demi mendapatkan masa depan yang cemerlang, maka tidak heran bila banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan pendidikan. Salah satunya dengan masuk di salah satu universitas terbaik di dunia. Meski harus jauh dengan keluarga, hal tersebut sepertinya sudah tidak menjadi sebuah masalah yang besar. Hal tersebut justru bisa menambah pengalaman yang luar biasa. Karena dapat menjadi lebih mandiri dan tumbuh di lingkungan yang berbeda dan dikelilingi orang-orang hebat dan pintar.

Sebabnya, orang-orang yang berhasil diterima di universitas terbaik dunia ini adalah orang-orang pilihan dan beruntung dari seluruh dunia. Tentunya juga memiliki kemampuan, intelektualitas, hingga kemauan yang kuat dan luar biasa.

QS World University Ranking telah merilis peringkat universitas terbaik dunia untuk tahun 2018-2019. Pemeringkatan ini menjaring 1.000 universitas terbaik dunia dari 85 negara. Dengan berdasarkan metodologi untuk menilai setiap universitas dengan enam indikator penting.

QS World University Ranking menggunakan 6 indikator untuk membuat peringkat yaitu:

  • Reputasi Lulusan
  • Rasio Fakultas
  • Rasio Mahasiswa,
  • Kutipan Jurnal Ilmiah,
  • Fakultas Internasional dan Mahasiswa Internasional.
  • Reputasi Akademik

Berikut 10 universitas terbaik dunia versi QS World dalam artikel Jejak Post di bawah ini :

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology nampaknya belum terkalahkan sebagai universitas berperingkat tertinggi di dunia dan selalu menempati posisi teratas untuk rekor 7 tahun secara berturut-turut. Massachusetts Institute of Technology mendapatkan skor Reputasi Akademik terbaik ke 3 di dunia dan Reputasi Lulusan terbaik ke 4 dunia. Inovasi, riset dan teknologi menjadi nilai utama dari penilaian universitas ini. Dengan 5 prodi unggulannya yaitu Arsitektur dan Perencanaan, Teknik, Humaniora dan Seni, Ilmu sosial dan Manajemen serta Sains.

  1. Stanford University

Stanford University

Stanford University adalah salah satu kampus universitas terbesar di Amerika Serikat. Stanford University dapat mempertahankan posisi terbaik sebagai kampus riset untuk Pascasarjana Bisnis, Ilmu Bumi, Ilmu Energi dan Lingkungan, Pascasarjana Pendidikan, Teknik; Humaniora, Hukum dan Imu Kedokteran.

  1. Harvard University

Harvard University

Harvard University secara konsisten masuk dalam jajaran 5 terbaik dunia. Walaupun Harvard University masuk dalam peringkat ke 3 tahun ini, universitas ini masih memegang indikator terbaik pertama di dunia untuk reputasi lulusan dan akademik. Harvard University mendapatkan peringkat tertinggi pada prodi Akutansi dan Keuangan, Ilmu Hukum, Bisnis dan Manajemen, Psikologi dan Ilmu Politik. Para lulusan Harvard University meraih berbagai penghargaan dunia seperti Nobel, Pulitzer dan Academy Awards.

  1. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology mempertahankan posisinya dalam posisi keempat untuk tahun ini. California Institute of Technology mendapatkan nilai paling baik untuk Rasio Mahasiswa dan Fakultas. Mengalahkan penilaian MIT dalam Kutipan Jurnal Ilmiah. California Institute of Technology memiliki reputasi yang sudah tidak diragukan lagi untuk program studi Teknik dan juga Teknologi.

  1. University of Oxford

University of Oxford

Hasil penilaian University of Oxford tahun 2018 – 2019 mengalahkan Cambridge dan naik satu tempat ke peringkat 5 di dunia.  University of Oxford juga menjadi peringkat pertama di Inggris. University of Oxford memiliki skor 10 terbaik  untuk Reputasi Akademik, Lulusan dan juga Rasio Fakultas dan Mahasiswa. 4 Progam studi unggulan Universitas Oxford yaitu Humaniora, Matematika, Fisika, dan Ilmu Medis. University of Oxford menempati peringkat nomor satu di dunia untuk pengobatan.

  1. University of Cambridge

University of Cambridge

University of Cambridge turun satu peringkat untuk tahun ini. Akan tetapi, University of Cambridge masih memperoleh skor lebih tinggi daripada pesaing utamanya yakni University of Oxford untuk kategori nilai terbaik Reputasi Akademik dan Reputasi Lulusan.

University of Cambridge memiliki 6 prodi unggulan diantaranya Seni dan Humaniora, Ilmu Biologi, Kedokteran Klinis, Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Fisika, dan Teknologi.

  1. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

ETH Zurich menjadi universitas berperingkat tertinggi di Benua Eropa. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)  juga naik 3 peringkat tahun ini. ETH Zurich mendapatkan nilai tertinggi dari penilaian Kutipan Jurnal Akademik yang menjadi tolak ukuran dampak penelitian yang dilakukan. ETH Zurich di QS World University Rankings, memperoleh peringkat pertama di dunia untuk progam studi Ilmu Bumi  dan Kelautan.

  1. Imperial College London

Imperial College London

Imperial College London menduduki peringkat 8 di dunia tahun ini.  Imperial College London menjadi universitas peringkat pertama di London. Imperial College London memperoleh nilai baik untuk indikator penilaian Mahasiswa Internasional.

Imperial College London sangat menonjol dalam bidang sains dan teknologi. Di QS World University Rankings versi tahun ini berdasarkan pada program studi, Imperial College London masuk dalam 10 universitas terbaik dunia untuk bidang Teknik dan Teknologi serta Ilmu Alam dan Lingkungan.

  1. University of Chicago

University of Chicago

Universitas Chicago Amerika Serikat dapat mempertahankan posisinya di urutan 9 di dunia tahun 2019. Dengan skor tertinggi untuk Reputasinya Akademik. Lima tahun berturut-turut, universitas ini selalu masuk dalam 10 besar universitas terbaik dunia. Peringkat ini mengantarkan universitas ini masuk dalam 5 prodi terbaik mereka untuk bidang, Akuntansi dan Keuangan, Antropologi, Bahasa, Ekonomi dan Sosiologi.

  1. UCL (University College London)

UCL (University College London)

University College London turun tiga peringkat dari tahun lalu. Akan tetapi, University College London tetap termasuk 10 terbaik dunia. University College London di Inggris mendapatkan skor terbaik pada indikator Reputasi Akademik dan juga mencapai skor yang baik untuk proporsi Mahasiswa Internasional. Kedua hal tersebut menjadikannya University College London salah satu universitas terbaik tahun ini.

5 program studi University College London yang masuk dalam 10 program studi terbaik di dunia, diantaranya adalah untuk bidang Kedokteran Gigi, Geografi, Kedokteran, Psikologi dan Farmasi/Farmakologi.

Bahkan, jika merasa mampu bersaing secara intelektual untuk bisa masuk ke salah satu universitas terbaik di dunia yang terkenal akan ada banyak beasiswa. Pemerintah Indonesia juga sudah menyediakan berbagai program beasiswa untuk para mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri. Beasiswa yang disediakan juga memiliki berbagai macam jenis, bahkan jika kamu tidak memiliki kemampuan secara akademik sekalipun.

Jenis beasiswa untuk para mahasiswa yang kuliah di luar negeri di antaranya:

  • Beasiswa Berdasarkan Prestasi (Merit based)

Biasanya beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki riwayat akademik dan prestasi yang luar biasa pada jenjang pendidikan sebelumnya.

  • Beasiswa Berdasarkan Tempat Tujuannya

Beasiswa tidak hanya dari negara sendiri. Ternyata banyak penawaran beasiswa datang dari pemerintah atau universitas di luar negeri. Dengan memberikan beasiswa parsial kepada seluruh siswa berprestasi di dunia dan juga sudah memenuhi persyaratan tentunya.

  • Berdasarkan Latar Belakang Siswa:

Beasiswa jenis ini umumnya diberikan kepada orang yang memiliki kriteria tertentu seperti profesi, usia, asal daerah, status ekonomi, tingkat studi terakhir, hingga riwayat kesehatan. Contohnya, dalam sebuah perusahaan memberikan sejumlah dana untuk studi ke luar negeri. Jika ada orang yang berpotensi sebagai pemimpin dan orang yang paling berpengaruh bagi perusahaan tersebut.

  • Beasiswa dengan Bidang Studi Tertentu:

Jenis beasiswa ini juga hampir sama dengan program berdasarkan latar belakang siswa. Terlebih juga untuk seseorang yang sedang bekerja dalam sebuah institusi, perusahaan swasta maupun pemerintah. Dengan memberikanm dana beasiswa untuk melanjutkan studi untuk menekuni jurusan tertentu.

  • Beasiswa Berdasarkan Atlet

Seperti namanya, beasiswa ini disediakan untuk para olahragawan terbaik atau siswa yang memiliki prestasi yang baik dalam bidang olahraga. Akan tetapi, sebagai timbal baliknya biasanya penerima beasiswa diminta untuk berkontribusi terhadap institusi yang memberikan beasiswa. Terlebih lagi, pendidikan memang merupakan sebuah aset yang sangat berharga. Sehingga, pemerintah juga banyak memberikan dana bantuan untuk para siswa berprestasi. Hal tersebut agar mereka bisa melanjutkan studi ke luar negeri dan bisa kembali ke Indonesia. Dengan harapann membawa pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat untuk mengembangkan negara kelahirannya.

Baca Juga :

1 Comment

  1. […] 10 Universitas Terbaik dan Info Beasiswa Luar Negeri […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *