5 Cara Memilih Rental Mobil Yang Aman dan Murah

Kampung Arab di Indonesia
Deretan Kampung Arab di Indonesia – Wisata Ala Timur Tengah
Januari 30, 2020
Kerajinan Tembaga dan Kuningan Boyolali
Sekilas Tentang Desa Produsen Kerajinan Tembaga di Boyolali
Januari 30, 2020

5 Cara Memilih Rental Mobil Yang Aman dan Murah

Rental mobil atau bisa disebut juga sebagai sewa mobil atau juga ada yang menyebutnya agen menyewa mobil adalah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang singkat, umumnya mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu.

Agen rental mobil sering kali melayani orang-orang yang membutuhkan kendaraan sementara. Misalnya, mereka yang tidak memiliki mobil sendiri, pelancong lokal maupun mancanegara, atau juga pemilik kendaraan yang sedang menunggu perbaikan atau kompensasi asuransi.



Di samping penyewaan dasar, agen penyewaan mobil biasanya juga menawarkan produk tambahan seperti asuransi, sistem navigasi global positioning system (GPS), sistem hiburan, ponsel, WiFi portabel dan kursi keselamatan khusus untuk anak.

Sebagian besar kantor persewaan mobil menawarkan berbagai ukuran kendaraan yang sesuai kebutuhan dengan pertimbangan berbagai anggaran dan persyaratan ruang dan beberapa juga menawarkan kendaraan khusus yang sesuai dengan lokasi tempat tujuan.

Banyak sekali jenis mobil yang disewakan para agen rental seperti convertible, model prestise, kendaraan hybrid / listrik, atau SUV dan yang penumpang. Di bandara besar atau di kota-kota besar, beberapa agen penyewaan mobil menawarkan kendaraan mewah untuk disewakan. Ada juga yang menawarkan kendaraan lebih tua tentu dengan harga yang lebih murah.

Jasa rental mobil menawarkan paket rental sesuai dengan apa yang dibutuhkan  pelanggannya. Jika Anda bingung dalam memilih jasa rental mobil, berikut akan diulas beberapa informasi terkait rental mobil yang bermanfaat bagi Anda.



Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Jasa Rental Mobil

memilih jasa rental mobil

Sesuaikan Acara Anda

Untuk apa Anda menyewa mobil? Hal ini perlu diketahui. Karena persewaan mobil menyediakan paket untuk berbagai agenda pelanggan. Ada yang menggunakannya untuk perjalanan berwisata, acara wedding, antar-jemput di stasiun-stasiun transportasi dan agenda-agenda lainnya. Dengan mengetahui hal ini, jasa rental akan memberikan penawaran yang sesuai dengan agenda Anda baik dari segi biaya maupun jenis kendaraannya.

Jumlah Pengguna

Apakah Anda sendiri atau membawa keluarga bahkan rombongan? Setelah menyesuaikan dengan jenis acara atau agenda Anda, kepastian terkait jumlah penumpang juga memberikan penawaran untuk Anda dari jasa rental agar sesuai dan lebih efisien. Mobil memiliki jumlah seat yang berbeda-beda serta space barang yang berbeda-beda pula. Sehingga informasi ini akan membantu memudahkan kedua belah pihak yaitu Anda sendiri dan jasa persewaan mobil.

Jenis Mobil

Berbeda jenis mobil, berbeda pula kenyamanannya. Maka tanyakan informasi mengenai jenis mobil yang tersedia pada penyedia jasa rental mobil. Jika Anda pernah memiliki mobil, Anda akan memahami bahwa setiap mobil berbeda aspek kenyamanannya. Selain itu, jenis mobil ada yang cocok dan ada pula yang tidak cocok dengan kebutuhan agenda Anda. Maka, pilihlah mobil yang sesuai dengan variable yang Anda butuhkan.

Layanan Bersama Driver

Layanan bersama driver maksudnya adalah penyedia jasa rental mobil menyediakan driver jika dibutuhkan. Bagi Anda yang belum bisa mengendarai mobil atau membutuhkan petunjuk untuk lokasi dan informasi lain, driver dari persewaan mobil biasanya mumpuni untuk hal tersebut. Namun tetap ada konsekuensinya seperti biaya tambahan dan lain-lain. Jika Anda tidak membutuhkan driver, Anda cukup memesan paket lepas kunci sehingga Anda akan diberikan kuasa untuk memegang kendaraan sesuai waktu yang ditentukan dengan jaminan sesuai dengan aturan masing-masing jasa sewa mobil.



Lama Sewa

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menempuh perjalanan? Jasa rental mobil memiliki harga yang berbeda-beda bergantung waktu sewa mobil yang dibutuhkan. Dengan mengetahui waktu perjalanan, Anda bisa memperkirakan biaya perjalanan yang dibutuhkan.

Demikian ulasan dan beberapa informasi mengenai hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa rental mobil. Ingat untuk tetap waspada dimanapun Anda berada. Selain informasi di atas, berikut ini tips mencari jasa sewa mobil yang murah dan aman.

Cara Memilih Rental Mobil Yang Aman dan Murah

Tips memilih rental mobil yang aman

Semakin banyak penyedia jasa rental mobil pastinya setiap costumer harus selektif dalam memilih jasa sewa mobil yang terpercaya sekaligus murah, berikut ini langkah-langkah mendapatkannya :

Mencari informasi sebanyak-banyaknya

Untuk memperoleh jasa sewa mobil yang murah sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyak. Informasi dapat diperoleh dari teman terdekat yang pernah menggunakan jasa tersebut ataupun melalui review dari internet.

Membandingkan satu jasa rental mobil terhadap yang lainnya

Untuk bisa mendapatkan harga yang murah dan berkualitas sebaiknya tidak hanya mencari satu rental mobil saja tetapi mencari beberapa jasa persewaan mobil. Beberapa jasa sewa mobil tersebut kemudian dibandingkan satu sama lain. Mengapa demikian? Karena setiap jasa sewa mobil satu sama lain tentu memberikan harga yang berbeda meskipun terkadang dengan armada dan fasilitas yang sama.

Jangan Mudah Tergiur Dengan Promo

Terkadang ada salah satu jasa rental mobil yang memberikan promo yang tidak masuk akal. Harga yang diberikan terlalu murah atau bahkan tidak sebanding dengan yang lainnya. Fasilitas dan armada yang akan disewakan tentu akan berbanding dengan apa yang dibayar. Jika harga terlalu murah bisa jadi ada beberapa masalah dengan armada ataupun pelayanan nantinya.

Memastikan Armada Yang Disewa

Sebelum memutuskan untuk deal menyewa mobil, sebaiknya cek kembali mesin dan kondisi mobil. Untuk memastikan armada tetap dalam kondisi prima maka bisa mematok keluaran mobil minimal tahun 2007. Mobil yang lebih baru tentu lebih bagus. Maka bisa menentukan pilihan penyedia jasa rental mobil yang memprioritaskan armada yang disewakan.



Pastikan Persyaratan dan Aturan Sewa Mobil

Langkah terakhir untuk mendapatkan sewa mobil yang murah dan berkualitas yaitu aturan sewa mobil yang ditetapkan. Aturan tersebut umumnya menyediakan informasi terkait keterlambatan pengembalian mobil, kerusakan, dan lain sebagainya. Jika ada salah satu poin yang tidak dipahami maka jangan sungkan untuk menanyakan ke pihak terkait sehingga tidak kecewa di kemudian hari.

Keunggulan Rental Mobil Dibandingkan Dengan Taksi Online

Keunggulan jasa rental mobil

Kemunculan moda transportasi online seperti ojek motor dan taksi online telah berhasil mengubah beberapa aspek kehidupan masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Sejauh ini, jasa transportasi online telah mampu menjawab kebutuhan aksebilitas transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga wajar jika banyak masyarakat yang lebih memilih transportasi online dan meninggalkan transportasi umum lainnya.

Peningkatan animo masyarakat terhadap transportasi online termasuk taksi online juga terjadi di Kota Besar. Namun, apakah hal ini secara otomatis mengurangi pelanggan jasa sewa mobil dengan drastis? Tentu jawabannya tidak, karena ternyata terdapat beberapa keunggulan jasa sewa mobil yang tidak dimiliki oleh taksi online. Sehingga, pelanggan jasa sewa mobil di kota besar relatif masih stabil. Ingin tahu apa saja keunggulannya? Demikian kami rangkum untuk Anda.

Tarif lebih murah dengan jarak yang jauh

Sebagian orang beranggapan bahwa menggunakan taksi online lebih murah dibandingkan dengan sewa mobil. Jika digunakan untuk jarak yang dekat dengan waktu yang singkat, mungkin iya. Tapi jika digunakan untuk jarak yang jauh pasti beda ceritanya. Bahkan beberapa penyedia taksi online juga memiliki batas teritorial atau jarak tertentu, sedangkan yang lainnya menolak jika rute perjalanan terlalu jauh. Beda dengan menyewa mobil, Anda bisa menikmati perjalanan sejauh apapun dengan tarif yang tetap terjangkau sesuai dengan paket yang Anda pilih.

Tarif yang jelas

Keunggulan jasa sewa mobil dibandingkan dengan taxi online berikutnya adalah kejelasan tarif. Seperti yang kita ketahui bahwa harga yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa taksi online dapat berubah sesuai dengan waktu pemesanan. Di jam-jam padat seperti jam pulang kantor biasanya tarif taksi online cenderung lebih mahal.

Jaminan kualitas

Kualitas menjadi sebuah ruh dalam bisnis, terutama bisnis jasa sewa mobil. Baik kualitas armada yang disediakan maupun kualitas sopir yang ada, kedua-duanya harus dalam kondisi terbaik. Aspek ini yang terkadang tidak dimiliki oleh penyedia jasa taksi online. Banyaknya armada dan ketidakjelasan outlet atau base camp menjadi salah satu penyebab dari persoalan ini.

Bisa memuat banyak penumpang

Bagi banyak orang kebersamaan menjadi sebuah momen yang sangat berharga dan tak ternilai harganya. Khususnya kebersamaan dengan keluarga besar, walaupun itu hanya kurang dari satu jam saja. Hal ini yang kadang mendorong banyak custormer lebih memilih untuk menyewa mobil dibandingkan dengan menggunakan taksi online. Karena taksi online membatasi jumlah penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk yang ada, sedangkan dengan menyewa mobil, kita bisa menentukan sendiri berapa jumlah penumpang dalam satu mobil. Bisa juga kita memilih mobil dengan kapasitas banyak seperti Isuzu Elf  atau Toyota Hiace.



Bisa sewa mobilnya saja

Dalam praktek bisnis sewa mobil, kita bisa menyewa mobil tanpa sopir. Praktek semacam ini lebih dikenal dengan istilah lepas kunci. Dengan demikian pengguna jasa sewa mobil bisa menentukan rute perjalanan dan kecepatan pacu mobil sesuka hati. Kondisi ini membuat sebagian orang merasa nyaman dan menyenangkan. Aspek inilah terkadang membuat orang lebih memilih untuk menyewa mobil dibandingkan dengan menggunakan taksi online.

Pengemudi yang ramah dan berpengalaman

Pernah merasa sebal karena pengemudi taksi online tidak ramah? Atau tidak mengetahui alamat yang Anda tuju? Jika Iya, maka apa yang Anda alami juga dialami oleh beberapa pengguna taksi online lainnya. Hal ini disebabkan karena tidak semua pengemudi taksi online mengetahui etika atau standar dalam melayani pelanggan.

Sedangkan sebagian yang lain adalah orang yang tidak hafal dengan jalan tempat dia beroperasi. Sehingga tak heran jika terkadang Anda menemui sopir taksi online yang jutek atau tak tahu jalan. Berbeda dengan sopir jasa sewa mobil, sebagian besar dari mereka telah diberikan pengetahuan terkait cara untuk melayani penumpang dan tahu track tempat mereka beroperasi.

Jadi itulah beberapa tips untuk mendapatkan jasa rental mobil murah sekaligus berkualitas. Demikian ulasan terkait tips mencari jasa rental mobil murah untuk Anda. Semoga bisa bermanfaat dan memudahkan Anda. Jangan khawatir bagi Anda yang akan berpergian ke kota-kota besar seperti Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Jogja dan lain-lain, karena sudah banyak rental mobil terpercaya yang ada di kota tersebut.

Tetap waspada terhadap segala indikasi penipuan saat Anda mencari informasi. Teknologi bisa berubah dengan cepat namun kebiasaan dan juga nilai-nilai yang ada di tengah masyarakat terkadang masih dipertahankan dengan baik.



1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *