wisata di australia
Spot Wisata di Benua Kanguru – Australia
Februari 21, 2020
lokasi bunuh diri di dunia
Seram! 7 Tempat yang Sering Dijadikan Lokasi Bunuh Diri di Dunia
Februari 22, 2020
wisata paris

Cari Tahu Wisata Kota Mode Dunia, Paris – Perancis!

Paris merupakan kota yang terkenal dengan sebutan kota pusat mode dunia. Selain itu paris merupakan kota tujuan wisata paling populer di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan 30 juta pengunjung dari luar negeri per tahun.

Paris dikatakan kota paling romantis di seluruh dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sejumlah landmark disertai berbagai atraksinya, institusi terkenal, dan juga taman populernya. Pastinya dengan hal-hal itu seperti magnet besar yang mampu menarik para wisatawan. Berikut adalah 10 tempat wisata yang direkomendasikan Jejak Post ketika berlibur ke Paris:

  • Notre Dame Cathedral

Notre Dame Cathedral

Notre Dame Cathedral merupakan sebuah gereja katolik di Paris yang sudah sangat terkenal. Notre Dame Cathedral berlokasi di Île de la Cité. Notre Dame de Paris dianggap sebagai salah satu contoh bangunan terbaik dari arsitektur gothic Perancis. Dibangun sekitar tahun 1163 atas inisiatif uskup Muarice de Sully. Pembangunan Notre Dame Cathedral memakan waktu sampai 44 tahun. Sayangnya ketika Notre Dame Cathedral selesai dibangun sang uskup sudah wafat.

Notre Dame Cathedral sudah mengalami beberapa kali perubahan dan pengrusakan. Seiring dengan berjalannya waktu dan sejarah negara Prancis sendiri, dari kerajaan hingga masa perubahan pemerintahan republik. Perubahan yang terakhir adalah pada tahun 1845. Notre Dame Cathedral direstorasi selama kurang lebih 25 tahun.

Sama seperti kebanyakan gereja, Notre Dame Cathedral dibuat dengan membentuk salib. Bagian depan di sebelah barat terdiri dari 3 tingkat, 1 tingkat paling atasa membentuk 2 menara. Di tingkat pertama ada 3 pintu masuk dengan 1 pintu tengah berukuran paling besar. Pada bagian atasnya terdapat jejeran 28 patung raja Yahudi kuno. Di antara tingkat dua dan menara, dihiasi patung-patung gargoyle yang juga berfungsi sebagai saluran air hujan.

Notre dame cathedral merupakan salah satu tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi ketika di Paris.



Lonceng Notre Dame Cathedral

Notre Dame Cathedral

Hal menarik dari Notre Dame Cathedral adalah loncengnya. Diletakkan di lantai ketiga dan lonceng utama yang ukurannya paling besar dan juga paling tua. Lonceng tersebut bahkan sudah ada di sana sejak tahun 1682, bernama Emanuel. Pada menara sebelah utara terdapat 8 lonceng. Di menara selatan terdapat 2 lonceng. Semua lonceng ini akan berbunyi setiap jam. Diawali dengan yang terbesar 1 kali. Kemudian sisanya akan turut berbunyi juga.

Ketika pengunjung mendaki 387 anak tangga menuju menara gereja, dapat terlihat dengan jelas lonceng tua tersebut. Tidak ketinggalan juga patung-patung gargoyle yang masih berdiri dengan kokoh. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat menyaksikan cantiknya kota Paris dari ketinggian 69 meter.

Notre Dame Cathedral memiliki dua pintu masuk pada bagian ‘tangan salib’. Daun-daun pintu dan kusennya juga memiliki berbagai ornamen yang mengisahkan tentang Maria ibu Yesus, dan Yesus. Ketik berada di dalam Notre Dame Cathedral, sempatkan juga untuk mengunjungi basement atau ruang bawah tanahnya. Di sini pengunjung dapat merasa seperti berada di sebuah museum. Ruang basement ini dibagun sekitar tahun 1965 dan berfungsi untuk menyimpan archaeological script.



  • Menara Eiffel

Menara Eiffel

Sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars, tepatnya di tepi sungai Seine. Menara tersebut secara tidak langsung menjadi icon global negara Perancis. Selain itu juga menjadi salah satu struktur terkenal di dunia. Dibangun sekitar tahun 1889 dengan tinggi struktur mencapai 325 meter dan antenanya yang memiliki panjang 24 meter. Apabila disamakan dengan gedung konvensional, sama dengan bangunan yang memiliki lantai sejumlah 81.

Menara Eiffel dirancang oleh Gustaf Eiffe. Gustaf Eiffe adalah seorang insinyur Prancis, arsitek dan seorang spesialis dalam bidang struktur logam. Jadi tidak heran jika menara Eiffel secara keseluruhan terbuat dari besi dengan massa yang mencapai 7.300 ton.

Tingkat pertama dan kedua Menara Eiffel dapat diakses dengan menggunakan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di sebelah menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat loket tersebut. Di platform pertama tangga naik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketiga hanya dapat diakses dengan lift.

Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun. Akan tetapi, hal tersebut tergantung jika para pengunjung telah membeli tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar ada 328 ke tingkat pertama ada 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua.

Ketika keluar dari lift di tingkat ketiga terdapat sejumlah 15 anak tangga naik menuju platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi tangga. Hal tersebut untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara. Meskipun beberapa anak tangga pendek tertutup.



  • Arch de Triomphe

Arch de Triomphe Atau Gapura Kemenangan berdiri megah di Place de l’Étoile. Bangunan Arch de Triomphe dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte. Tujuan dari pembangunan Arch de Triomphe untuk menghormati jasa tentara kebesarannya. Gapura yang menjadi terbesar di seluruh dunia ini berukuran 45 x 22 x 50 meter. Arch de Triomphe dihiasi oleh banyak relief dan patung yang menggambarkan perang Napoleon.

Arch de Triomphe memiliki nama lengkap Arch de Triomphe de l’Étoile. Arch de Triomphe dibangun pada tahun 1806 sebagai tanda kemenangan Napoleon melawan Austria dalam perang Austreliz. Arch de Triomphe terinspirasi dari Arc of Titus di Italia. Pada setiap dinding Arch de Triomphe tertera semua daftar kemenangan-kemenangan perang Prancis.

Salah satu hal menarik dari Arch de Triomphe adalah pada bawah lengkungannya terdapat sebuah makam tentara tak dikenal dari Perang Dunia I. Jenazahnya ditempatkan di sini [ada Armistice Day (Hari Gencatan Senjata) tahun 1920. Pada bagian atas makamnya tertera: “Ici Repose Un Soldat Francais Mort Pour La Patrie 1914 – 1918” atau “Di sini terbaring seorang tentara Prancis yang mati untuk tanah airnya 1914 – 1918).  Di atas makam tersebut terdapat lentara yang apinya tidak akan pernah padam. Api tersebut untuk mengenang para tentara yang mati di Perang Dunia I &II dan mereka yang tidak teridentifikasi.

Pada bagian dalam Arch de Triomphe, pengunjung juga dapat menaiki lift untuk mencapai bagian atas. Di dalamnya terdapat sebuah museum yang berisikan berbagai penjelasan tentang gapura ini dari mulai proses pembangunannya. Untuk mencapai bagian atapnya, pengunjung bisa melewati 46 anak tangga. Di sana pengunjung dapat melihat area sekitar dengan jelas.



  • Place de la Concorde

Sebuah alun-alun besar yang terletak di tengah-tengah di antara Tuileries Garden dan Champ Elysees. Place de la Concorde merupakan alun-alun utama dan terluas di Paris. Place de la Concorde memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari nama yang berubah-ubah, sampai ‘atraksi’ yang digelar di sini.

Awalnya, Place de la Concorde dibangun oleh Jaques Gabriel sekitar tahun 1755. Dengan bentuk oktagonal atau persegi delapan. Pada bagian tengahnya didirikan Patung Raja Louise XV sebagai penghormatannya saat naik tahta. Akan tetapi, kemudian patung tersebut dirobohkan saat terjadi revolusi Prancis tahun 1792. Kemudian digantikan dengan patung baru yang bernama Liberte (kemenangan), dan alun-alun pun berubah nama menjadi La Revolution.

Place de la Concorde kemudian berubah namanya menjadi Place de Greve atau alun-alun kuburan. Hal tersebut karena di Place de la Concorde diletakkan sebuah Guillotine pada tahun 1793. Dalam hitungan 2 tahun, kapak tersebut telah memenggal lebih dari 1300 kepala manusia secara hidup,-hidup. Salah satunya adalah Raja Louis XVI yang dieksekusi pada tanggal 21 Januari tahun 1793.  Setelah tahun 1979 kapak tersebut disingkirkan dari alun-alun. Kemudian lapangan ini dirubah namanya menjadi Place de la Concorde sejak tahun 1830, hingga sampai saat ini. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang cocok bagi Anda dan pasangan saat berkunjung ke Paris.



  • Museum Louvre

Museum Louvre

Museum du Louvre merupakan sebuah museum terbesar di dunia. Museum du Louvre memiliki koleksi paling lengkap dari seluruh dunia. Museum du Louvre dulunya merupakan sebuah istana dan benteng. Palais du Louvre merupakan bentang yang dibangun pada masa abad ke 12 di bawah masa kepimpinan Philip II. Kemudian bangunan ini dikembangkan lagi menjadi sebuah istana seperti yang sekarang. Akan tetapi, pada tahun 1682 Raja Louis XIV meninggalkan istana ini dan lebih memilih tinggal di Istana Versailles. Sedangkan gedung istana ini hanya menjadi tempat untuk menyimpan harta kerajaan.

Setelah beberapa kali berganti fungsi dan nama. Akhirnya pada tanggal 10 Agustus 1793 gedung megah ini ditetapkan sebagai museum. Sebuah museum yang menyimpan karya-karya bangsa. Pada saat dibuka, ada 537 lukisan yang dipamerkan di sini. Lukisan dan barang seni yang menjadi koleksi Museum du Louvre kebanyakan adalah properti gereja dan kerajaan yang disita oleh Pemerintah Prancis.

Pada tahun 2008 koleksi Museum du Louvre dibagi menjadi delapan departemen kuratorial yakni Koleksi Mesir kuno, benda purbakala dari Timur Dekat, Yunani, Etruskan, Romawi, Seni Islam, Patung, Seni Dekoratif, Seni Lukis, Cetakan dan Seni Gambar.

Salah satu hal yang menarik dari museum ini adalah Piramida Louvre yang merupakan sebuah piramida kaca dan besi besar, dikelilingi oleh tiga piramida kecil, di taman Museum Louvre, piramida utama berperan sebagai pintu masuk utama ke museum dan selesai dibangun tahun 1989. Dicetuskan oleh Presiden Perancis François Mitterrand tahun 1984 atas dasar berbagai masalah dengan pintu masuk utama Louvre yang asli, yang tak dapat menangani jumlah pengunjung yang banyak setiap hari. Kini Museum Louvre menjadi rumah bagi 35 ribu karya seni.

Nah, itu merupakan beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda jadikan rujukan saat berlibur ke Paris. Dapatkan informasi lainnya mengenai berbagai destinasi wisata di Paris dan kota-kota lain di dunia.



Baca Juga :

Spot Wisata di Benua Kanguru – Australia

10 Top Wisata di Negeri Sakura – Jepang

Wisata Menarik di Negeri Kastil – Jerman

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Mesir versi Jejak Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *