Harus Coba! Inilah 19 Makanan Khas Tegal Yang Wajib Kamu Cicipi

penderita skoliosis
Inspirasi Penderita Skoliosis yang Pantang Menyerah
Februari 5, 2020
lokasi outbound semarang
Wajib dicoba! 9 Lokasi Outbound Terbaik di Semarang
Februari 7, 2020
makanan dan minuman khas tegal

Harus Coba! Inilah 19 Makanan Khas Tegal Yang Wajib Kamu Cicipi

Apakah Anda pernah ke Tegal? Atau mungkin Anda pernah makan di warung Tegal?. Hampir setiap orang pastinya tahu atau mungkin pernah mendengar nama Tegal. Daerah yang berlokasi di lintas pantai utara Jawa Tengah  ini merupakan daerah yang syarat makna dan kaya akan sejarah. Kota yang menjadi cikal bakal berdirinya korps marinir ini selain terkenal akan bahasa dan budayanya yang unik juga terkenal akan wisata kulinernya.

Belakangan ini Tegal kerap di sebut sebagai Kota Kuliner karena semakin banyaknya olahan-olahan makanan baik makanan kekinian maupun makanan khasnya.  Jika Anda ingin berkunjung ke Tegal ada baiknya Anda mencoba makanan-makanan khas yang masih sering di jumpai di Tegal.

Berikut ini Jejak Post sajikan beragam kuliner khas Tegal yang lezat dan bercita rasa unik. Yuk simak ulasan berikut ini.

19  Makanan Khas Tegal Yang Wajib Kamu Coba

  1. Tahu Aci

Makanan khas Tegal yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kota Bahari ini adalah Tahu Aci. Olahan ini berbahan dasar tahu kuning yang dipotong diagonal kemudian diisi adonan tepung kanji, potongan daun kucai dan bumbu. Kemudian digoreng dengan minyak yang banyak dan api yang besar sehingga adonan tepung matang sampai ke bagian tengahnya.

Makanan khas yang satu ini merupakan salah satu favorit orang-orang Tegal. Selain karena cita rasanya yang enak makanan ini juga sangat murah dan terjangkau. Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencari makanan yang satu ini. Hampir di sepanjang jalan ada banyak penjual tahu aci khas tegal dengan cita rasa yang khas.

Tahu aci ini sangat cocok disantap dengan cabai rawit sembari menyeruput teh poci. Menikmati waktu berkumpul bersama teman-teman dan keluarga.

  1. Tahu Pletok

Tidak jauh berbeda dengan tahu aci, tahu pletok ini masih merupakan satu jenis olahan yang sama. Tahu pletok ini bisa dikatakan sebagai salah satu variasi olahan tahu Aci. Bahan yang digunakan serta bentuknya pun hampir sama. Perbedaannya hanya terletak pada bentuk tahu serta banyaknya komposisi bahan. Jika pada tahu aci ukuran tahu dengan adonan tepungnya hampir sama, maka di olahan yang satu ini tahu dibuat dengan potongan yang lebih kecil dan aci yang lebih banyak dan dibuat pipih.

  1. Kerupuk Antor

Selain enak, makanan khas Tegal juga terkenal unik, salah satunya adalah kerupuk Antor. Kerupuk ini berbahan dasar ubi kayu atau singkong yang kemudian digoreng dengan pasir. Namun Anda tidak perlu khawatir karena pasir yang digunakan dapat dipastikan bersih dan terbebas dari kotoran.

Selain pengolahannya yang unik kerupuk antor atau kerupuk badeg ini juga memiliki cita rasa yang khas. Olahan ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan kerupuk-kerupuk lainnya, rasa bawang putih yang kuat serta taburan bumbu membuat cita rasa kerupuk menjadi semakin lezat dan gurih. Kerupuk ini juga sangat mudah dijumpai di Tegal dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh jika Anda berkunjung ke Tegal.

  1. Olos

Olos merupakan salah satu jajanan khas Tegal berbentuk bulat yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu serta diisi sayuran kol dan bumbu didalamnya. Makanan yang satu ini merupakan makanan favorit di kalangan muda-mudi Tegal. Selain karena rasanya yang enak olos juga dijual dengan harga yang sangat murah dan terjangkau.

Jika Anda berkunjung ke Tegal wajib banget nih, cobain makanan yang satu ini. Pokoknya recomended lah buat yang suka street food dan makanan murah. Makanan ini sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Tegal. Namun, yang paling terkenal adalah olos dari Desa Jatirawa, Kab. Tegal.

  1. Rujak Teplak

Kuliner khas Tegal lainnya yang dapat Sahabat Jepo cicipi adalah rujak teplak. Rujak yang satu ini terbilang unik dan berbeda dengan rujak jenis lainnya. Pasalnya sambal yang digunakan tidak hanya terbuat dari cabai dan bumbu-bumbu yang dihaluskan melainkan dari bahan singkong. Sambal ini terbuat dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas dan dikenal dengan sebutan sambal gaul.

  1. Blendung

Blendung atau grontol merupakan olahan jagung yang telah dipipil kemudian direbus dengan air kapur supaya empuk. Setelah matang, blendung jagung selanjutnya dicuci menggunakan air bersih dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa serta di bungkus daun pisang.

Sebenarnya blendung tidak hanya dapat ditemui di Tegal, di daerah-daerah lainnya juga masih banyak makanan yang satu ini khususnya daerah pantura seperti Pemalang dan Cirebon.

Saat ini blendung jagung hanya dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional dan penjual-penjual jajanan tradisional saja, Bermunculannya olahan-olahan berbahan dasar jagung lain yang kekininan membuat eksistensi blendung jagung ini sedikit tergeser dan jarang diketahui banyak orang.

  1. Kacang Bogares

Makanan khas Tegal lainnya yang cocok dijadikan oleh-oleh jika Anda berkunjung ke Tegal adalah kacang Bogares. Sesuai namanya camilan berbahan dasar kacang ini berasal dari Desa Bogares, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Proses pembuatan olahan yang satu ini memakan waktu dan proses yang cukup panjang. Mulai dari pemilihan kacang tanah yang berkualitas, kemudian direndam semalaman di dalam wadah bersisi bumbu. Setelah itu kacang dijemur dibawah sinar matahari hingga kering. Barulah kacang bisa diolah atau dimasak.

Uniknya kacang bogares ini tidak dimasak dengan cara digoreng maupun dipanggang, melainkan disangrai. Proses menyangrainya-pun terbilang unik karena menggunakan pasir dan wajan berbahan dasar tanah liat.

  1. Kupat Glabed

Irisan ketupat yang disajikan dengan kuah kuning “Glabed” ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Kuah yang digunakan hampir sama dengan opor perbedaanya kuah kupat glabed lebih kental dan memiliki rasa yang lebih kuat. Kupat glabed biasanya disajikan dengan gorengan tempe mendoan, sate telur puyuh, sate usus, dll.

Makanan yang satu ini sangat cocok dimakan baik siang maupun malam hari. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual kupat glabed di sepanjang jalan alun-alun kota Tegal.

  1. Glotak

Glotak merupakan salah satu makanan tradisional khas Tegal berbahan dasar gembus. Olahan dengan bumbu tumis dan kuah kaldu ini dibuat dengan campuran tulang ayam atau tulang sapi yang pada saat proses pembuatanynya menimbulkan bunyi “glotak-glotak” pada saat di aduk. Sehingga di beri nama Glotak.

Makanan yang satu ini dapat Anda dijumpai di beberapa pasar tradisional Kota Tegal seperti di Pasar Pagi dan Pasar Langon. Bagi Anda pecinta kuliner berkuah makanan yang satu ini harus masuk daftar menu yang Anda cicipi saat berkunjung ke Tegal.

  1. Sate Blengong

Jika pada umumnya satu terbuat dari daging ayam maupun kambing, di Tegal ada olahan sate unik yang terbuat dari daging Blengong. Blengong merupakan hewan hasil perkawainan antara bebek dan mentok. Sehingga memberikan cita rasa daging yang khas perpaduan daging bebek yang berserat, tetepi lebih lunak saat dikunyah. Sate ini memiliki ukuran yang lebih panjang dan besar jika dibandingkan dengan sate ayam dan sate kambing pada umumnya.

Rasa daging yang khas dipadukan dengan bumbu yang lezat menambah cita rasa khas dari olahan makanan yang satu ini.

  1. Nasi Lengko

Salah satu makanan yang paling dicari ketika di warteg adalah nasi Lengko. Nasi lengko atau sego lengko ini merupakan menu makanan dengan nasi dan lauk pauk seperti tempe, tahu, dan timun yang dipotong kecil kemudian disiram dengan bumbu kacang serta kecap. Tidak lupa ditambahkan dengan kerupuk sebagai pelengkap.

  1. Nasi Ponggol

Nasi ponggol ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan bagi masyarakat Tegal. Isiannya beragam dengan lauk pauk seperti sambal goreng tempe dll. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

  1. Nasi Langgi

Nasi Langgi ini biasnya dibuat pada saat momen rabu wekasan. Salah satu aktivitas islami untuk menyambut hari rabu terakhir dari Bulan Safar. Makanan ini sebenarnya nampak seperti nasi dengan lauk pada umumnya ada mie, daging hingga perkedel.

Dengan nasi dan lauk tersebut masyarakat Tegal berbagi dan menikmati kebersamaan. Itulah mengapa makanan-makanan tradisional harus tetap di lestarikan. Bukan hanya karena kelezatannya, tetapi makna serta filosofi yang terkandung di dalamnya.

  1. Soto Tauco

Soto Tauco / Soto Tauto merupakan salah satu kuliner khas Tegal. Soto Tauco terdiri atas nasi, tauge, daun bawang, bawang goreng, dan daging. Semua bahan dicampur dalam satu mangkok, kemudian disiram dengan kuah kaldu yang berbumbu khas. Barulah ditambahkan tauco yang mampu memberikan cita rasa lezat dan gurih.

Bagi Anda pecinta kuliner berkuah khususnya soto, Anda harus mencoba makanan khas yang satu ini. Anda bisa menemui penjual soto di Sepanjang Alun-Alun kota Tegal hingga pasar Senggol. Anda juga bisa menemuinya hampir disetiap warung soto yang ada di Tegal.

  1. Sate Kambing Muda Khas Tegal

Nah, bagi Anda pecinta kuliner sate, tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan sate kambing muda?. Cita rasa daging yang empuk dan juice serta padunan bumbu istimewa membuat sate kambing muda banyak digemari. Sate kambing khas tegal terkenal dengan bumbu kecap serta rasanya yang khas. Sangat cocok untuk disantap bersama nasi putih hangat bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

  1. Martabak

Siapa yang tidak kenal martabak? Pastinya sobat Jepo sering banget nih beli martabak ataupun bawain martabak buat calon mertua dan gebetan. Yap, makanan favorit berbagai kalangan ini merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak telur. Untuk martabak manis biasanya diisi berbagai isian manis seperti coklat, keju. Untuk jenis makanan yang satu ini sobat Jepo tidak perlu jauh-jauh pergi ke Tegal. Karena sekarang hampir di setiap daerah telah ada penjual martabak yang mayoritas adalah orang Tegal.

Nah, setelah puas berkuliner dan mencicipi makanan serta jajanan khas Tegal kurang afdol rasanya jika tidak turut mencicipi minuman khas dari Kota Bahari ini. Berikut ini merupakan beberapa jenis minuman Kha Tegal yang telah kami rangkum untuk Anda.

Baca Juga : Cara Mencegah Infeksi Virus Corona di Indonesia

Minuman Khas Tegal

  1. Teh Poci

Salah satu minuman khas yang merupakan tradisi sekaligus ikon kabupaten Tegal ini telah banyak dikenal masyarakat luas. Sudah menjadi kebiasaan warga Tegal untuk kumpul bersama menikmati berbagai Makanan khas Tegal sembari menyeruput nikmatnya teh poci.

Teh Tegal memiliki cita rasa khas yang “wasgitel” yakni wangi, panas, legi (manis), dan kentel (kental). Disajikan dalam poci yang terbuat dari gerabah menimbulkan aroma baru yang mampu menggugah selera. Teh ini kian istimewa lantaran dalam penyajiannya menggunakan gula batu sebagai pemanis.

Teh Poci tidak hanya sekedar minuman untuk menemani waktu santai, namun memiliki filosifi serta makna tersendiri bagi masyarakat Tegal. Hal ini lah mengapa makanan dan minuman tradisional harus tetap lestari.

  1. Es Lontrong

Minuman lain yang terkenal di Kabupaten Tegal adalah Es Lontrong. Berbeda dengan minuman lainnya penamaan es lontrong di ambil dari lokasi berjualan yang terletak di Lontrong.

Minuman dingin dengan cincau hitam, kacang hijau, lalu diberi es serut diatasnya kemudian disiram santan asli dan sirup pandan berwarna merah muda sangat cocok diminum saat siang hari.

Lokasi minuman yang legendaris ini ada di Kota Slawi, dan hanya ada satu-satunya di Kabupaten Tegal. Karena di daerah ini kemungkinan Anda tidak akan menemukan minuman dingin serupa dengan sensasi tempat seperti yang ada di Tegal.

  1. Es Sagwan

Beralih ke daerah Kota Tegal, Anda bisa menemukan es legendaris khas Kota tegal. Bagi warga Tegal pastinya sudah tidak asing lagi dengan es yang satu ini. Es Sagwan hampir mirip dengan es dawet. Bedanya jika es dawet ini terdapat butiran memanjang berwarna putih dan tekstur yang cenderung lebih keras.

Es Sagwan ini disajikan dengan campuran santan, es serut dan dipadu dengan sirup manis berwarna merah. Jika kurang manis, Anda bisa menambah cairan gula merah. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat terik matahari.

4 Comments

  1. admin berkata:

    Wuhh bikin ngiler min

  2. Warok berkata:

    Luar biasaa

  3. Adrian Alfandy berkata:

    Mantap minn

  4. Zulfikri ramadhan berkata:

    sing ana wong dodol glotak sh ngendi min? nyg durung tau rasan kayonge

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *