Mengenal Macam-Macam Mobil Ambulance dan Pengunaannya

lokasi outbound semarang
Wajib dicoba! 9 Lokasi Outbound Terbaik di Semarang
Februari 7, 2020
fasilitas menarik san diego hills
Jauh Dari Kesan Angker, San Diego Hills Tawarkan Fasilitas Menarik
Februari 8, 2020

Mengenal Macam-Macam Mobil Ambulance dan Pengunaannya

Macam Macam Mobil Ambulance – Halo sahabat Jepo, kali ini Jejak Post akan memberikan info mengenai macam macam ambulance. Kira-kira apa saja ya macam macam ambulance dan apa kegunaanya?. Yuk SImak info selengkapnya di bawah ini

Dalam keseharian mungkin sudah sering pernah melihat, berpapasan, atau bahkan menumpang mobil ambulance. Secara etimologi, istilah ambulance berasal dari bahasa Latin Ambulare yang memiliki arti berjalan atau bergerak dengan merujuk kepada perawatan pasien saat dbawa dengan kendaraan.

Ambulance merujuk kepada unit transportasi khusus yang digunakan untuk membawa orang sakit, korban kecelakaan, atau bahkan membawa jenazah. Ambulance memiliki desain yang khusus dan sudah dilengkapi dengan peralatan medis di dalamnya. Hal tersebut bertujuan agar dapat dilakukan penanganan atas pasien gawat darurat, pemberian pertolongan pertama, dan perawatan intensif selama perjalanan menuju fasilitas kesehatan.

Mobil Ambulance memiliki tulisan ‘AMBULANCE’ yang dipasang secara terbalik di kaca depannya. Tujuann agar memudahkan pengendara di depannya dapat membaca dan mengenali bahwa kendaraan di belakangnya adalah ambulance. Setiap ambulance juga wajib dilengkapi dengan sirine dan lampu rotator darurat berwarna merah atau merah-biru. Dengan lampu sirine dan rotator tersebut dapat membuatnya mudah dikenali –bahkan dari jarak yang jauh.

Tulisan ambulance dibuat terbalik

sumber : UX Stack Exchange

Berdasarkan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan jalan No. 22 Tahun 2009, ambulance adalah salah satu kendaraan yang mendapat prioritas utama untuk melintas di jalan raya. Berdasarkan undang-undang tersebut juga, pada kondisi gawat darurat, ambulance memiliki ‘hak’ untuk melanggar peraturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah, melawan arah, melintasi jalur busway, dan berjalan di bahu jalan. Semua pengendara lalu lintas juga wajib memberikan jalan untuk ambulance walaupun dalam kondisi kemacetan seperti di Ibukota Jakarta.

Pelayanan ambulance merupakan bagian dari penatalaksanaan kegawatdaruratan yang berkelanjutan, yang terdiri dari tahapan rescue (ekstrikasi), resusitasi (stabilisasi), dan retrieve (evakuasi). Sebagai unit transportasi khusus, ambulance memiliki fungsi yang bermacam-macam. Sebagian orang mungkin hanya mengenal satu jenis ambulance saja sebagai kendaraan transportasi gawat darurat. Akan tetapi, sebenarnya ambulance terdiri dari berbagai macam yang dibedakan berdasarkan pada fungsinya, yaitu:

Ambulance Gawat Darurat

ambulance gawat darurat

sumber : pixabay

Ambulance gawat darurat merupakan ambulance yang digunakan untuk penderita dengan kondisi gawat darurat. Baik yang sudah stabil maupun belum stabil. Sebelum penderita mencapai fasilitas kesehatan. Selain itu, ambulance gawat darurat juga dapat digunakan sebagai transportasi rujukan ke fasilitas kesehatan dengan kelas yang lebih tinggi.

Ambulance gawat darurat dilengkapi dengan tabung oksigen, peralatan medis gawat darurat, peralatan resusitasi, alat defibrillator jantung, ventilator, serta alat monitor tanda vital. Ambulance gawat darurat umumnya dikendarai oleh seorang pengemudi yang didampingi oleh seorang dokter dan seorang perawat dengan kemampuan Basic Life Support (BLS).

Ambulance gawat darurat secara umumnya berwarna kuning muda. Ambulance gawat darurat juga dilengkapi dengan sirine dan lampu rotator. Saat menuju lokasi kejadian, ambulance gawat darurat diperbolehkan menggunakan sirine dan lampu rotator. Namun, saat sudah mengangkut penderita, ambulance gawat darurat hanya diperbolehkan menggunakan lampu rotator.

Ambulance Pelayanan Medik Bergerak

Ambulance pelayanan medik bergerak merupakan ambulance yang memiliki tugas untuk melaksanakan upaya pelayanan medis di lapangan. Akan tetapi, dalam kondisi khusus ambulance jenis ini juga dapat digunakan sebagai ambulance transportasi.

Ambulance pelayanan medik bergerak sudah dilengkapi dengan peralatan medis seperti tabung oksigen, peralatan medis gawat darurat, peralatan resusitasi, dan cairan infus. Ambulance pelayanan medik bergerak pada umumnya dikendarai oleh seorang pengemudi yang didampingi oleh seorang dokter, seorang perawat, dan seorang petugas paramedis lain yang memiliki kemampuan Basic Life Support (BLS).

ambulance medis

sumber : pixabay

Ambulance pelayanan medik bergerak secara umum memiliki warna kuning muda. Bentuknya seperti kontainer karena memiliki fungsi sebagai poliklinik bergerak.  Ambulance pelayanan medik bergerak memiliki ruangan yang cukup luas dan langit-langit yang tinggi. Tujuannya supaya petugas medis dapat berdiri tegak saat melakukan pekerjaannya. Ambulance pelayanan medik bergerak juga dilengkapi dengan sirine dan lampu rotator. Lampu rotator dapat difungsikan saat pergi dan kembali dari tempat tujuan. Akan tetapi, sirine Ambulance pelayanan medik bergerak hanya dapat digunakan dalam kondisi gawat darurat.

Baca Juga : Cara Mencegah Infeksi Virus Corona

Ambulance Transportasi

Ambulance transportasi adalah ambulance yang digunakan bagi penderita yang tidak membutuhkan perawatan medis khusus atau tindakan darurat untuk menyelamatkan nyawa. Penderita yang diperbolehkan menumpang ambulance transportasi hanyalah penderita penyakit atau kecelakaan. Dengan perkiraan petugas medis tidak akan mengalami atau memiliki potensi kegawatdaruratan selama perjalanan menuju fasilitas kesehatan.

ambulance transportasi

sumber : unsplash

Ambulance transportasi juga dilengkapi dengan tabung oksigen, alat pengukur tekanan darah, cairan infus, dan obat-obatan dasar. Ambulance transportasi pada umumnya dikendarai oleh seorang pengemudi yang didampingi oleh seorang perawat dengan kemampuan Basic Life Support (BLS).

Ambulance transportasi pada umumnya memiliki warna putih dan dilengkapi dengan sirine dan lampu rotator. Saat menuju lokasi kejadian, ambulance transportasi boleh menggunakan sirine dan lampu rotator, tetapi jika sudah mengangkut penderita ambulance transportasi hanya diperbolehkan menggunakan lampu rotator saja.

Ambulance Rumah Sakit Lapangan

Ambulance rumah sakit lapangan adalah ambulance yang keseharian melaksanakan fungsi ambulance gawat darurat. Namun, jika dibutuhkan dapat digabungkan dengan ambulance lainnya yang sejenis dan ambulance pelayanan medik bergerak untuk membentuk Rumah Sakit Lapangan.

ambulance rumah sakit lapangan

sumber : bolmora.com

Ambulance rumah sakit lapangan memiliki fasilitas tabung oksigen, peralatan medis gawat darurat, peralatan resusitasi, alat EKG, set bedah minor, cairan infus, obat-obatan gawat darurat, sarung tangan disposable, dan kantong jenazah. Ambulance gawat darurat dikendarai oleh seorang pengemudi yang didampingi oleh seorang dokter dan seorang perawat dengan kemampuan Basic Life Support (BLS).

Ambulance rumah sakit lapangan juga memiliki sirine dan lampu rotator. Ketika menuju lokasi kejadian, ambulance rumah sakit lapangan boleh menggunakan sirine dan lampu rotator. Akan tetapi, ketika sudah mengangkut penderita, ambulance rumah sakit lapangan hanya diperbolehkan menggunakan lampu rotator saja.

Ambulance Udara

Ambulance Tidak hanya ada di darat, bahkan di udara juga ada ambulance. Ambulance udara merupakan ambulance yang berbentuk helikopter dengan berukuran kecil, helikopter berukuran besar, maupun pesawat fixed wings.

ambulance udara

sumber : suara pemred

Penggunaan helikopter sebagai ambulance bertujuan untuk mengangkut penderita untuk dirujuk ke fasilitas kesehatan lain melalui jalur udara dengan cepat. Ambulance udara juga dapat digunakan untuk rujukan penderita ke luar negeri. Dengan menggunakan jalur udara, ambulance udara adalah pilihan yang paling tepat dan cepat bagi penderita dengan kondisi gawat daruraht atau tidak dapat bertahan untuk perjalanan yang panjang.

Di dalam Ambulance udara dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang relatif lengkap. Mulai dari tabung oksigen, peralatan medis gawat darurat, peralatan resusitasi, alat EKG, alat defibrillator, cairan infus, kantong jenazah, dan cooler body-bag. Ambulance udara dioperasikan oleh seorang pilot yang telah memiliki pelatihan lengkap, seorang dokter dan seorang perawat dengan kemampuan penanganan keadaan gawat darurat.

Ambulance Kereta Jenazah

Ambulance kereta jenazah adalah ambulance yang digunakan secara khusus untuk membawa jenazah. Ambulance kereta jenazah hanya memiliki kapasitas untuk mengangkut satu jenazah saja dalam setiap perjalanannya. Dengan didampingi oleh maksimal empat orang pendamping. Ambulance kereta jenazah dikemudikan oleh seorang pengemudi yang didampingi oleh seorang petugas pengawal jenazah yang disesuaikan dengan kebutuhan.

ambulance jenazah

sumber : pixabay

Ambulance kereta jenazah pada umumnya berwarna hitam atau putih. Ambulance kereta jenazah memiliki sirine serta lampu rotator sama seperti ambulance jenis lainnya. Jika ambulance kereta jenazah bergerak dalam iringan, maka ambulance ini boleh mempergunakan sirine. Akan tetapi, jika ambulance ini tidak dalam iringan, maka ambulance ini hanya boleh menggunakan lampu rotatornya saja.

Nah itulah macam macam ambulance yang berhasil Jekak Post rangkum, simak informasi menarik lainnya dan dapatkan berita-berita teupdate seputar lifestyle, kesehatan, travel dan lainnya. Jangan lupa follow akun sosial media Jejak Post di @jejakpost.official.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *