Pasar Slumpring, Wisata dengan Konsep Pasar Tradisonal di Tegal

sunrise di waduk cacaban
Menikmati Sensasi Matahari Terbit di Waduk Cacaban
Februari 25, 2020
Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula
Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula
Februari 26, 2020
pasar slumpring bumijawa

Pasar Slumpring, Wisata dengan Konsep Pasar Tradisonal di Tegal

Wisata Pasar Slumpring – Deretan lincak atau dalam bahasa Indonesia memiliki meja yang terbuat dari bambu tertata rapi di sebuah tanah lapang di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tanah lapang tersebut dikelilingi oleh pohon bambu yang membuatnya rindang dan dapat menghalau sinar matahari. Terdapat beraneka ragam makanan tradisional yang dijajakan di atas. Beberapa ibu-ibu berkebaya nampak menawarkan beberapa makanan tradisional khas Tegal ke para pengunjung yang datang.

wisata pasar slumpring tegal

Pemandangan tersebut dapat dijumpai di Pasar Slumpring yang berada di Desa Cempaka. Di Pasar yang satu ini bisa bernostalgia dengan berbagai makanan tradisional seperti urap, gemblong, kue putu, srabi, nasi jagung, dan makanan tradisional lainnya yang berbahan dasar dari singkong. Setelah membeli beberapa makanan, pengunjung dapat menikmati makanan di tempat lesehan atau tempat duduk yang sudah disediakan pengelola Pasar Slumpring.



Asal Usul Nama Slumpring.

wisata pasar slumpring

Pemberian nama Pasar Slumpring didasarkan pada lokasinya yang khas. Lokasi Pasar ini yang banyaknya tanaman pring atau bambu. Pasar ini hanya buka seminggu sekali yaitu buka pada hari Minggu saja. Untuk jam operasionalnya pun hanya dari pukul 07.00-12.00 WIB. Pasar ini dikelola oleh para pemuda Desa Cempaka yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Di Pasar ini baru ada sekitar 40 pedagang yang seluruhnya adalah penduduk sekitar.



Setiap hari minggu, Pasar Slumpring selalu menampilkan live musik. Untuk musik yang dibawakan  dari berbagai genre mulai dangdut, pop, hingga tembang lawas. Pengunjung juga dapat tampil membawakan beberapa lagu di panggung yang sudah disediakan.

pasar slumpring tegal

Untuk menuju ke Wisata di Tegal terbaru ini, pengunjung menempuh jarak kurang lebih 32 kilometer dari pusat kota Slawi dengan kendaraan pribadi. Jangan khawatir dengan kondisi jalan sepanjang perjalanan. Akses menuju Pasar Slumpring memiliki jalan yang halus, sehingga akan nyaman selama perjalanan. Jika merasa bingung, dapat juga menggunakan google map. Karena Pasar ini juga sudah ada Google Map.



Tidak hanya Pasar Slumpring yang menjadi daya tarik wisata di Desa Cempaka. Ada tirta wisata, yakni mata air yang lebih dikenal dengan Tuk Mudal. Tuk Mudal kini banyak diburu anak muda karena merupakan spot yang instagramable. Tidak hanya berfoto, di Tuk Mudal ini para pengunjung dapat merasakan kesegaran airnya dengan berenang bersama ikan yang ada di dalamnya. Atau, dapat juga dengan menyewa getek untuk menuju sebuah panggung kayu di tengah-tengah Tuk Mudal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *