Psikolog Semarang – Tanda Kesehatan Mental Bermasalah

Manfaat CCTV Untuk Rumah, Personal, Dan Perkantoran
Oktober 25, 2021
Jasa cargo jakarta
Jasa Cargo Jakarta – Tips Memilih Jasa Expedisi
November 20, 2021
psikolog semarang

Psikolog Semarang – Tanda Kesehatan Mental Bermasalah

Psikolog Semarang – Sebagai manusia, tentunya kita memiliki emosi, perasaan dan suasana hati yang berubah – ubah. Hal itu, tentu sangat berkaitan erat dengan kondisi mental seseorang yang tentu saja sangat penting untuk diatasi. Perlu adanya pengetahuan untuk membedakan antara suasana hati yang sedang buruk dengan kondisi mental yang serius.

Perubahan sikap atau perilaku seseorang tentu saja sangat berkaitan erat dengan suasana hati dan perasaan yang sedang dialami. Oleh karena itulah, perlu adanya pengetahuan mengenai perbedaan antara suasana hati yang sedang buruk dengan kondisi mental yang tidak baik. Untuk itulah, kami telah merangkum beberapa kondisi kesehatan mental yang mungkin Anda alami, seperti :

  1. Sering Merasa Cemas Berlebihan

Sebagai manusia, tentu saja memiliki perasaan khawatir atau cemas terhadap suatu hal. Akan tetapi, rasa cemas yang berlebihan tentu bisa menjadi indikasi bahwa mungkin Anda sedang mengalami kesehatan mental yang serius. Pada umumnya, rasa cemas diiringi dengan jantung yang berdebar – debar, gelisah, sulit bernafas, pusing bahkan diare.

  1. Merasa Tidak Bahagia atau Tertekan

Apakah Anda pernah mengalami atau melihat teman yang kehilangan minat pada semua hal dan sering terlihat murung ? mungkin itu salah satu tanda bahwa kondisi mental sedang terganggu. Apabila seseorang nampak sedih dan mudah merasa tersinggung, mungkin dia sedang berada di fase depresi, merasa tertekan dan kurang bergairah dalam kesehariannya.

  1. Emosional

Setiap orang tentu memiliki emosi dan suasana hati yang berbeda, akan tetapi perubahan tersebut apabila terjadi secara drastis maka bisa menandakan bahwa kesehatan mentalnya terganggu. Orang yang cenderung mudah marah akan hal – hal sepele, mungkin memiliki permasalahan pada kontrol pikiran dan emosinya sehingga selalu meluap – luap.

  1. Masalah Tidur

Pada umumnya, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam dalam sehari semalam. Perubahan jam tidur yang tidak jelas tentu bisa menandakan bahwa seseorang sedang mengalami kesehatan mental yang kurang baik. Seperti contohnya insomnia, yang membuat seseorang sulit tidur akibat masalah yang mungkin sedang dihadapi.

  1. Suka Menyendiri

Memang, terkadang manusia membutuhkan waktu untuk sendiri, menarik diri dari kehidupan yang menguras mental dan fisiknya. Akan tetapi, apabila hal itu dilakukan secara terus menerus tentu saja menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami kondisi kesehatan yang kurang bagus. Mungkin saja, seseorang itu sedang mengalami depresi atau gangguan psikotik yang memaksanya untuk menyendiri.

  1. Merasa Tidak Berharga

Memiliki rasa bersalah bukanlah hal yang buruk, namun terus menyalahkan diri sendiri atas suatu hal merupakan hal yang kurang tepat. Justru, hal itu mengindikasikan bahwa kondisi mental Anda sedang terganggu atau mengalami depresi. Bahkan, kemungkinan terburuknya dari sering merasa bersalah adalah menghakimi diri sendiri atau bahkan bunuh diri.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Apabila Anda mengalami beberapa masalah diatas, mungkin saja menandakan bahwa kesehatan mental Anda sedang terganggu. Oleh karena itulah, mungkin Anda perlu berbicara atau meminta saran dari orang lain terkait dengan masalah tersebut. Atau, solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mendatangi psikolog.

Psikolog Semarang siap membantu Anda untuk menghadapi permasalahan tersebut dan menjadi teman Anda untuk mengobrol. Kami siap membantu Anda untuk memberikan saran dan ketenangan dalam menghadapi masalah – masalah berat. Oleh karena itulah, Anda bisa langsung menghubungi kontak kami berikut ini untuk bisa langsung berkonsultasi.

Konten Promosi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *