manfaat madu
Madu, Obat Herbal Sejuta Manfaat
Februari 1, 2020
penderita skoliosis
Inspirasi Penderita Skoliosis yang Pantang Menyerah
Februari 5, 2020
cutting sticker mobil

Seputar Cutting Sticker Mobil

Macam-macam Bahan Cutting Sticker

Sebelum menggunakan jasa cutting sticker, ada baiknya harus mengetahui terlebih dahulu mengenai bahan yang cocok untuk melapisi kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Jangan sampai salah memilih jasa cutting sticker. Dampaknya kendaraan justru menjadi jelek atau bahkan cat ikut terkelupas saat melepasnya karena  tidak mengetahui tentang bahan yang digunakan oleh jasa cutting sticker. Beraneka macam material untuk membuat cutting sticker mobil yang memiliki karakteristik dan cara memasangnya sendiri.

Pembahasan Jejak Post kali ini akan mengulas seputar informasi berbagai jenis bahan cutting stiker yang baik dan tahan lama yang biasa digunakan di jasa cutting sticker. Tujuannya tentu agar dapat memilih dan memahami sebelum memasang cutting sticker.

Jejak Post akan membahas tiga produsen stiker terbesar di dunia dan yang paling umum digunakan di jasa cutting sticker, yakni merk 3M, Oracal dan Ritrama. Berikut adalah penjelasan singkat dari Jejak Post tentang ketiga produsen sticker yang biasa digunakan oleh jasa cutting sticker secara umum.

1.      Oracal

Oracal merupakan merk dagang dari perusahaan terkenal ORAFOL. ORAFOL merupakan perusahaan terbaik penyedia bahan sticker. ORAFOL berasal dari negara Jerman dan  memiliki beragam varian produk stiker yang baik dan berkualitas.

Varian produk Oracol juga tersedia dalam beberapa variasi. Untuk masing-masing produknya terbagi atas grade dan kesesuaian penggunaannya serta untuk kebutuhan tertentu. Seperti grade otomotif untuk kebutuhan para pelaku usaha jasa cutting sticker untuk melapisi berbagai kendaraan seperti mobil, motor dan kapal.

Beberapa produk Oracal diantaranya adalah:

  • Oracal-651. Digunakan untuk beragam kebutuhan di Indonesia,
  • Oracal 970. Memiliki kelenturan dan kualitas yang baik
  • Oracal 951. termasuk dalam kualitas premium
2.      3M

3M merupakan perusahaan produsen sticker dari Amerika Serikat. 3M adalah pioner industri perekat adhesive dan juga stiker untuk bahan vinyl. Pada perkembangannya 3M tidak banyak dipakai jasa cutting sticker.

Untuk produk 3M, Scotchlite sangat terkenal dan sering digunakan di jasa cutting sticker. Scotchlite sering digunakan oleh jasa wrapping sticker tangerang untuk kaca film pada jendela mobil dan jendela rumah maupun gedung perkantoran. Fungsinya sebagai peredam radiasi sinar matahari. Beberapa produk unggulan 3M antara lain adalah:

  • Stiker Vinyl Scotchlite
  • Kaca Film 3M
  • Controltac
3.      Ritrama

Ritrama merupakan produsen sticker yang berasal dari negeri Pizza, Italia. Sticker Ritrama lebih banyak digunakan cutting sticker. Hal tersebut karena Ritrama meyediakan varian produk yang beragam. Dari kualitas sticker yang standar hingga yang ramah lingkungan dengan grade yang berbeda-beda juga. Secara umum bahan vinyl untuk stiker dari Ritrama dibagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Stiker Vinyl Monomeric khusus untuk permukaan datar saja,
  • Stiker Vinyl Polimeric untuk permukaan yang melengkung karena sifatnya yang lentur.
  • Stiker Vinyl Cast umumnya digunakan untuk kebutuhan branding mobil, decal dan striping,

Macam-macam Jenis Bahan Cutting Stiker yang ada di Pasaran

Pada umumnya bahan stiker yang ada di pasaran menggunakan dua jenis bahan saja, yaitu yang berbasis kertas dan juga yang berbasis sintetis. Keduanya memiliki peminat dan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah bahan-bahan cutting sticker yang ada di pasaran yang sudah dirangkum oleh Jejak Post sebagai berikut:

1.      Bahan Stiker Sintetis

Bahan stiker sintetis umum digunakan untuk kebutuhan branding, promosi, ataupun kebutuhan striping decal, billboard, dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan bahan stiker sintetis sangat elastis, anti air, dan warnanya tidak mudah pudar.

Beberapa jenis stiker yang termasuk ke dalam jenis stiker sintetis adalah bahan stiker Vinyl dan juga Yupo. Keduanya banyak digunakan meskipun biaya produksinya lebih mahal dibandingkan sticker dengan bahan kertas.

Stiker Vinyl sendiri terbagi ke dalam beberapa varian lagi termasuk varian yang diproduksi oleh produsen stiker ternama seperti 3M, Ritrama, dan Oracal yang sudah dibahas sebelumnya.

  1. Untuk stiker Scotchlite keluaran 3M, banyak digunakan pada jaket tim penyelamat atau SAR atau pada kendaraan dan marka jalan. Sticker tersebut termasuk ke dalam bahan stiker vinyl reflektif yang mampu memantulkan cahaya.
  2. Stiker Vinyl monoomeric, polymeric, dan vinyl cast yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda dengan karakteristik yang berbeda pula.
  3. Stiker vinyl one way adalah stiker yang dapat menghalangi pandangan dari satu sisi,akan tetapi tidak untuk sisi sebaliknya dan juga stiker vinyl transparan yang bisa dicetak pada dua sisinya.
2.      Bahan Stiker Kertas

Stiker kertas yang menggunakan kertas HVS atau kertas glossy pada umumnya lebih tepat digunakan untuk kebutuhan penamaan atau labeling, sticker yang biasa dibagikan kepada banyak orang, dan sticker yang kebanyakan digunakan di dalam ruangan.

Beberapa contoh yang umum dari stiker yang menggunakan bahan kertas ini antara lain adalah stiker HVS, stiker kromo, dan stiker bontax yang memiliki daya rekat yang tinggi dibandingkan sticker lainnya.

Sticker HVS umum digunakan sebagai label pada buku tulis, kemasan botol, dan lain sebagainya. Sementara untuk sticker kromo yang menggunakan kertas glossy lebih lazim digunakan untuk kebutuhan stiker logo, sticker informasi, atau sticker yang biasa dibagi-bagikan ke orang-orang dan sticker bontax merupakan sticker yang sangat baik untuk ditempel pada berbagai kemasan produk seperti dus, botol, dan sebagainya.

3.      Bahan Stiker Lainnya

Meskipun pada umumnya bahan untuk membuat sticker yang banyak digunakan adalah kedua jenis bahan stiker bahan kertas dan sintetis, akan tetapi ada beberapa jenis bahan yang tidak tergolong ke dalam duanya. Untuk jenis bahan sticker ini penggunaannya biasanya lebih spesifik.

Misalnya untuk sticker sandblast yang umumnya digunakan pada kaca pembatas ruangan. Sticker sandblast dapat memberikan efek beku atau frosty. Sticker sandblast dapat digrafir atau diukir sesuai keinginan. Kemudian ada juga sticker foil yang terbuat dari bahan aluminium dan juga bahan sticker yang terbuat dari lapisan film, yang umum disebut dengan kaca film.

Stiker foil selain berfungsi sebagai dekorasi, juga dapat digunakan pada pakaian sebagai alternatif dari sablon. Sementara untuk kaca film penggunaannya lebih banyak pada industri dan juga dunia otomotif.

Kaca film sendiri memiliki fungsi untuk melindungi interior mobil atau ruangan dari sengatan ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari. Dengan menggunakan kaca film akan membuat ruangan terasa adem dan lebih dingin dibandingkan suhu di luar ruangan karena mampu meredam teriknya sinar matahari.

Umumnya kaca film digunakan pada jendela kendaraan, yaitu sedikit untuk bagian depan, dan penuh pada bagian samping serta bagian belakang dari mobil, atau bisa juga digunakan sebagai pelapis bagian visor dari helm, serta sebagai pelapis kaca jendela di gedung perkantoran atau perumahan.

Keunggulan menggunakan cutting sticker antara lain:

  • Bisa merubah warna kendaraan Anda tanpa perlu melakukan pengecatan.
  • Effisien waktu, biaya dan tenaga.
  • Warna dapat bertahan sampai 4 tahun.
  • Melindungi body orisinil mobil atau motor Anda dari goresan-goresan kecil.
  • Melindungi body orisinil mobil atau motor Anda dari terik sinar matahari sehingga warna orisinil tidak pudar.
  • Tidak merusak cat orisinil kendaraan bila dilepas.

Dengan keistimewaannya yang banyak, cutting sticker dapat mengecewakan jika yang memasang cutting sticker tidak profesional. Karena pengalaman saja tidak cukup untuk menghasilkan cutting sticker yang bagus dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *