Spot Wisata di Benua Kanguru – Australia

tempat wisata di jepang
10 Top Wisata di Negeri Sakura – Jepang
Februari 21, 2020
wisata paris
Cari Tahu Wisata Kota Mode Dunia, Paris – Perancis!
Februari 21, 2020

Spot Wisata di Benua Kanguru – Australia

Australia masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang sering disambangi masyarakat Indonesia. Beberapa kota di Australia seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, Victoria dan Perth sudah populer sebagai tujuan wisatawan dari Tanah Air.

Australia termasuk negara yang dapat dikatakan berhasil dalam mengendalikan polusi udara. Beberapa kota di Australia mendapatkan predikat sebagai kota yang nyaman dan layak untuk dijadikan tempat tinggal. Kota-kota tersebut diantaranya adalah Sydney, Melbourne dan Adelaide. Udara di tiga kota tersebut sangat bersih dari polusi udara.

Negara bagian di selatan benua Australia suhunya akan semakin dingin. Sebaliknya, negara bagian utara justru memiliki suhu yang lebih hangat. Jadi, wajib menyiapkan baju hangat ketika mengunjungi negara-negara di bagian selatan benua Australia. Untuk yang akan berkunjung ke Australia ada baiknya menyimak artikel dari Jejak Post mengenai tempat wisata di Australia sebagai berikut:

Tempat Wisata Terfavorit di Australia

  • Great Barrier Reef

Great Barrier Reef

Tempat wisata di Australia yang pertama adalah Great Barrier Reef. Great Barrier Reef memiliki luas yang mencapai 2.300 kilometer. Hal tersebut membuat lokasi ini menjadi ekosistem terumbu karang terbesar di dunia. Menjelajahi aneka ragam kehidupan laut dengan warna-warni menawan ini di Great Barrire Reef merupakan petualangan yang menakjubkan.

Menjelajahi Great Barrier Reef di Australia dapat dilakukan dengan mewah atau ala backpakcer. Ada banyak cara untuk melihat secara langsung Reef. Dapat dilakukan dengan menyelam scuba, snorkeling, kapal berlantai kaca, jet ski, semi-submersible, kapal layar. Atau bisa juga dari udara dan bahkan skydive untuk terjun langsung ke dalam salah satu keajaiban dunia ini.

Kekayaan biodiversitas, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat Great Barrier Reef menjadi tempat wisata di Australia terfavorit bagi para wisatawan, terutama bagi para penyelam scuba.

Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan layanan wisata laut ke Great Barrier Reef setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor yang nyaman untuk para wisatawan.

Di tempat wisata Great Barrier Reef juga ada fasilitas Turtle Hospital. Turtle Hospital merupakan tempat untuk merehabilitasi penyu-penyu yang sedang sakit dan cedera. Turtle Hospital juga menawarkan penginapan. Dengan menginap di Turtle Hospital memungkinkan para pengunjung mengamati kebiasaan nokturnal makhluk-makhluk penghuni terumbu karang.

  • Kangoroo Island

Kangoroo Island

Pulau Kangoroo yang berada di bagian selatan Australia ini adalah pulau terbesar ketiga setelah Tasmania dan Pulau Melville. Selain pertanian dan perikanan, pariwisata menjadi faktor penting dalam perekonomian penduduk pulau Kangooro ini.

Tidak hanya kangoroo saja, para pengunjung juga dapat melihat hewan liar lainnya seperti ekidna berparuh pendek, walabi tammar, posum brushtail, bandikot coklat selatan. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya kehidupan bawah laut, ikan dan naga laut leafy.

Di Pulau Kanguru, para pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitarnya. Terdapat banyak tanda-tanda di jalan yang membuat pengunjung dapat belajar juga mengenal keindahan Australia. Apabila ingin pengalaman yang menantang, pengunjung dapat mengunjungi Taman Konservasi Kelly Hill untuk melihat goa dan terowongan batu kapur.

  • Kakadu National Park

Kakadu National Park

Kakadu National Park sudah diakui sebagai salah satu lokasi World Heritage. Hal tersebut karena kebudayaannya yang masih hidup sampai saat ini. Tanah di Kakadu dulunya milik orang Bininj/Mungguy dan saat ini juga dikelola oleh mereka.

Tempat wisata di Australia Kakadu National Park memliki luas kurang lebih 20.000 km persegi. Kakadu National Park menawarkan berbagai objek wisata yang dapat menarik perhatian setiap pengunjung dengan minat yang berbeda-beda.

Salah satu yang menarik dari Kakadu National Park adalah Ubirr. Ubirr merupakan sebuah rawa yang dipenuhi oleh berbagai macam burung pada musim-musim tertentu. Di Ubirr terdapat sebuah bangunan bird hide. Bangunan tersebut dapat digunakan untuk mengamati, melihat dan mengintai burung-burung yang hilir mudik di depan jendela. Selain itu juga ada trek singkat di sekitar lokasi Ubirr dan ada banyak hewan liar yang dapat menjadi objek foto.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kakadu National Park pada umumnya dalam bulan Mei-September. Hal tersebut karena cuacanya paling nyaman dan tidak banyak jalanan yang ditutup air akibat banjir. Di Kakadu National Park memiliki cuaca yang panas di siang hari dan banyak serangga di malam hari.

Ketika berkunjung ke Kakadu National Park Jejak Post menyarankan untuk mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang. Pakai topi untuk mencegah sunburn dan minum banyak air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kakadu National Park memberlakukan Park Pass dengan harga 25 AUD per orang untuk selama 14 hari

  • Ayers Rock

Untuk para wisatawan yang tidak terlalu suka dengan keramaian, objek wisata di Australia juga memiliki Taman Nasional Uluru yang letaknya cukup jauh dari pusat kota. Tepatnya berada di Alice Springs, Northern Territory, Australia. Primadona dari Uluru adalah Ayers Rock yang merupakan rangkaian formasi batu raksasa yang berukuran lebar kira-kira 2,4 km. Panjangnya kurang lebih 3,6 km. Sementara untuk tingginya mencapai 348 meter di atas permukaan tanah.

Ayers Rock

Kegiatan paling favorit yang dilakukan saat berkunjung ke Uluru adalah mengitari batuan menggunakan sepeda. Dengan berkeliling menggunakan sepeda, pengunjung dapat melihat batu Uluru dari dekat. Untuk dapat menyewa sepeda, pengunjung harus menyiapkan dana 30 dolar Australia untuk tiga jam.

Kegiatan lainnya yang menyenangkan sekaligus romantis di objek wisata di Australia adalah dengan makan malam di gurun pasir. Ada dua pilihan makan malam di gurun pasir Australia, yaitu Sounds of Silence dan Tali Wiru. Sounds of Silence diawali dengan menikmati matahari tenggelam, kemudian beranjak untuk makan malam dengan menu buffet. Tarif yang ditawarkan untuk dapat menikmati Sounds of Silence yaitu AU$ 195.

Kegiatan paling seru tentu saja jalan-jalan di sekitar gurun pasir dengan menunggangi Unta. Biasanya untuk tur ini menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit hingga 2,5 jam. Pengunjung yang ingin mengikuti tur  dengan menaiki unta dikenakan biaya AU$ 80

  • Whitsunday Island

Whitsunday Islands merupakan koleksi menakjubkan dari 74 pulau yang letaknya berada di tengah-tengah Great Barrier Reef Australia. Spot wisata di Australia ini merupakan lokasi sempurna bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi kehidupan warna warni bawah laut dengan cara snorkeling atau scuba diving.

Salah satu bagian terbaik dari Whitsunday Islan ini adalah sebuah pantai yang bernama Whitehaven Beach. Pantai Whiteheaven memiliki pemandangan alam yang sangat indah di Australia. Bahkan pemandangan pantai yang indah di dunia. Pantai Whiteheaven memiliki air laut yang sangat jernih. Sehingga para pengunjung dapat dengan sangat mudah bisa melihat dasar laut tanpa memakai alat apapapun, hanya dengan mata telanjang.

Komposisi pasir pantai Whiteheaven yang memiliki kandungan 98% silika membuat para pengunjung yang berjalan kaki di tepi pantai tanpa alas tidak akan merasa kepanasan. Hal Ini membuat para pengunjung menjadi lebih leluasa untuk berjalan-jalan dan menikmati pantai Whiteheaven.

Salah satu kegiatan menyenangkan di pantai Whiteheaven adalah menyewa perahu dan berlayar sendiri mengelilingi sekitar Whitsunday Islands. Pengunjung tidak memerlukan izin untuk berlayar untuk menyewa perahu. Pengunjung dapat secara bebas menjelajahi panorama dan resor di Whitsunday. Perahu yang disewakan di pantai Whiteheaven dapat menampung enam hingga 12 orang.

Blue Mountains National Park

The Great Blue Mountains sangat terkenal karena pesona dan pemandangan alam yang hijau. The Blue Mountains National Park merupakan sebuah area hutan tropis yang memiliki luas sekitar 140 kilometer. Blue Mountains National Park terdiri dari batu-batu yang terjal, lembah, air terjun, dan sungai menciptakan panorama indah.

Salah satu cara menikmati Blue Mountains National Park adalah dengan berjalan kaki di dasar lembah. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sangat memukau selama menjelajahi lembah di Blue Mountains National Park. Daya tarik Blue Mountains National Park adalah keasrian hutan hujan tropis kuno yang masih rimbun dan hijau. Banyak papan identitas yang dilengkapi keterangan nama, usia, dan kegunaan dari pohon yang ada di Blue Mountains National Park.

Aktivitas mendaki tebing The Three Sisters juga sangat populer. Untuk menuju ke sana, sudah tersedia jalur yang aman berupa anak tangga yang sudah diberikan penganaman dengan besi pengaman di sisi kanan dan kirinya. Ada sekitar 800 anak tangga ke atas yang harus dilalui para pengunjung yang dikenal dengan sebutan The Giant Stairway.

Fasilitas tempat wisata di Blue Mountains National Park tidak hanya untuk para pencinta alam yang senang berjalan kaki. Bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki, dapat memanfaatkan fasilitas kereta api untuk menuju ke dasar lembah dan naik kembali dengan menumpang Scenic Railway.

Selain Scenic Railway, pengunjung juga dapat mencoba pengalaman lainnya dengan menaiki Scenic Cableway. Saat kereta gantung raksasa ini bergerak, pengunjung dapat dengan santai menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Sydney Opera House

Sydney Opera House adalah  gedung yang menjadi icon dari kota Sydney. Tempat wisata di Australia ini bahkan sudah mendunia sebagai bangunan pada abad ke-20 yang paling terkenal karena keunikannya. Lokasi Sydney Opera terletak di Macquarie Street. Tepatnya di Bennelong Point yang dekat dengan jembatan pelabuhan Sydney dan Royal Botanic Gardens.

Sydney Opera House

Sydney Opera House dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektar. Dengan luas bangunan yang berukuran 183 m x 120 m. Eksterior tempat wisata terfavorit di Australia ini terinspirasi dari cangkang kerang. Sydney Opera sengaja diletakkan di atas permukaan air dengan bantuan pondasi beton yang dibuat secara khusus.

Di dalam gedung Sydney Opera terdapat aula konser. Aula Konser tersebut terbagi dalam aula mayor dan aula minor, teater opera, teater drama, playhouse, studio, ruangan Utzon, Forecourt, hingga ruangan studio rekaman. Gedung Sydney Opera memiliki Podium teater luas, panggung artistik, dan koridor sangat unik

Gedung Sydney Opera dapat membawa pengunjung ke dunia seni yang penuh keajaiban dan menakjubkan. Beberapa kategori pertunjukan yang sering digelar misalnya balet, opera, teater, drama, tari, musik, komedi, talk show, pertunjukan anak-anak, pertunjukan sulap dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga :

10 Top Wisata di Negeri Sakura – Jepang

Wisata Menarik di Negeri Kastil – Jerman

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Mesir versi Jejak Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *