tempat wisata di mesir
7 Rekomendasi Tempat Wisata di Mesir versi Jejak Post
Februari 20, 2020
tempat wisata di jepang
10 Top Wisata di Negeri Sakura – Jepang
Februari 21, 2020
wisata menarik di negeri kastil jerman

Wisata Menarik di Negeri Kastil – Jerman

Wisata Menarik di Jerman – Negeri yang terkenal akan beberapa kastil ternamanya ini, juga merupakan negeri yang kaya akan teknologi terutama di bidang penerbangan. Bahkan presiden Republik Indonesia ketiga pun mengenyam pendidikan di Jerman dan mendapatkan 46 Hak paten atas penemuannya dalam dunia penerbangan.

Penasaran dengan Negeri Kastil ini? Berikut 11 Tempat Wisata di Jerman Rekomendasi dari Jejak Post.

Rekomendasi Tempat Wisata Jerman

  1. Heidelberg Old City

Sebuah kota otonom tua yang berada di Baden-Württemberg terkenal dengan kastil , kota tua, dan  keberadaan universitas tua. Heidelberg merupakan salah satu dari kota besar yang ada di Jerman. Heidelberg adalah adanya kota tua dari zaman Barok yang menjadi tempat wisata di Jerman yang menyenangkan..

Di Heidelberg terdapat kawasan pejalan kaki yang sangat terkenal. Hal tersebut karena kawasan pejalan kaki tersebut merupakan pedestrian terpanjang di Benua Eropa. Pada sisi kiri dan kanannya berdiri gedung-gedung tua yang masih berfungsi sampai saat ini. Selain itu, di Heidelberg juga terdapat kastil yang sangat terkenal, yaitu kastil Heidelberger Schloss. Akan tetapi kastil tersebut hanya tersisa reruntuhannya saja.

Bangunan kastil semula adalah benteng yang letaknya di tempat yang strategis yang berfungsi sebagai benteng pertahanan. Benteng ini kemudian menjadi tempat tinggal atau istana dari para raja di Pfalz. Sejak kerusakannya pada tahun 1689 dan 1693 disebabkan adanya perang perebutan kekuasaan dari para ahli waris kerajaan Pfalz. Bangunan kastil Heidelberg Scholss hanya sebagian saja yang direstorasi. Reruntuhan bangunan istana ini berdiri setinggi 80 meter pada tebing gunung yang mendominasi wajah kota Heidelberg.

  1. Jembatan Tua Alten Brukle atau Karl-Theodor

Jembatan tua ALten Brucke atau Karl –Theodor merupakan salah satu jembatan tertua yang ada di Jerman. Jembatan tua ALten Brucke dibangun pada tahun 1248 pertama kalinya. Akan tetapi, kemudian rusak akibat adanya es pada musim dingin. Jembatan tua ALten Brucke kembali direnovasi pada 1788 dan hingga kini masih berdiri megah dan kokoh. Bangunan lain yang terkenal di sini adalah beberapa gereja tua, universitas, dan juga perpustakaan. Semuanya masih dalam bentuk bangunan tua dan bersejarah.

  1. Bradenburg Gate

Bradenburg Gate adalah simbol utama dari gerbang Berlin. Bradenburg Gate juga merupakan lambang penyatuan dari Berlin Barat dan Berlin Timur. Bradenburg Gate dibangun pada abad ke-18 yang difungsikan sebagai gerbang masuk kota Brandenburg an der Havel atau yang lebih dikenal dengan kota Brandenburg. Bradenburg Gate terletak di sisi paling barat kota Berlin. Bradenburg Gate ini memiliki sejarah panjang sejak didirikan. Terutama dalam sejarah politik negeri Jerman.

  1. Holstentor

Dalam bahasa Jerman Holsententor artinya gerbang Holsten. Holsententor adalah sebuah gerbang besar yang terbuat dari batu bata merah dengan desain Gothik di kota Lubeck, Jerman.  Holstentor bukan hanya sebuah gerbang besar saja, tetapi sebenarnya adalah sebuah benteng.

Gerbang Holsententor yang didirikan pada tahun 1464 awalnya berfungsi sebagai gerbang kota. Dengan dilengkapi dua menara yang berbentuk bundar di sisi utara dan selatan dengan gerbang berbentuk arka. Kini Holsententor difungsikan sebagai museum untuk mempertahankan sejarah kota  dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1987.

  1. Oktoberfest

Bagi para penggemar bir datanglah ke Munich pada bulan Oktober. Pastinya akan puas meminum bir selama dua minggu. Pada umumnya festival Oktoberfest digelar kurang lebih selama enambelas hari di daerah yang bernama Theresienwiese (d’Wiesn).

Pembukaan festival ditandai oleh pembukaan tong bir oleh Walikota München dengan mengatakan “O’zapft is!” yang dalam Bahasa Bavaria memiliki arti “Telah dibuka!”. Selama festival Oktoberfest berlangsung, bir yang disajikan berbeda dengan bir yang biasanya.

Bir untuk festival Oktoberfest rasanya lebih kuat, warnanya lebih pekat. Bir tersebut disajikan dengan gelas ukuran besar kira-kira 1 gelas berisi 1liter bir. Festival tahunan ini diadakan dalam sebuah tenda besar dengan meja kursi kayu layaknya bar pada zaman dahulu. Untuk festival Oktoberfest hanya produsen bir lokal saja yang diperbolehkan untuk menyajikan bir di acara tahunan ini.

Sebagai peneman meminum bir, beberapa macam makanan juga tersedia. Beberapa menu makanan tradisional saja yang disajikan dalam festival Oktoberfest seperti sosis, hendl (ayam), käsespätzle (mi keju), dan sauerkraut.

Dari sejarahnya, festival Oktoberfest berawal dari pesta pernikahan Putra Mahkota Ludwig yang kemudian naik tahta menjadi Raja Ludwig pada 12 Oktober 1810. Kerajaan lantas mengelar pesta bagi rakyat  dengan bir. Sebagai penutup acara pacuan kuda digelar bagi keluarga kerajaan. Bagian akhir ini kini sudah tidak ada lagi, akan tetapi korsel dan pawai ternak ditambahkan untuk semakin memeriahkan Oktoberfest.

  1. Frauenkirche

Gereja Frauenkirche telah ada sejak abad ke-11. Akan tetapi, gereja Frauenkirche habis oleh bom pada Perang Dunia II. Sisa-sisa puing gereja dibiarkan begitu saja dan menjadi monument Anti Perang. Setelah bersatunya Jerman barat dan Jerman Timur, rakyat Jerman meminta gereja Frauenkirche untuk dibangun ulang.

Akhirnya gereja Frauenkirche mulai dibangun ulang, dimulai pada tahun 1994 dan baru selesai pada tahun 2005. Setelah 13 tahun renovasi, gereja Frauenkirche yang artinya Gereja Bunda Kita diresmikan dengan acara kebaktian yang meriah pada tanggal 30 Oktober 2005 hingga 31 Oktober 2005 – di mana hari tersebut merupakan Hari Reformasi Jerman.

  1. Rugen Cliffs

Rugen Cliffs lebih dikenal dengan nama Rugia Island. Lokasinya berada di antara Pomeranian dan Laut Baltic. Kawasan Rugen Cliffs terkenal sebagai destinasi wisata dengan pantai pasir putihnya yang cantik, landscape alami yang berbeda, dan aritektur resort yang memukau.

Objek yang paling terkenal di Rugia Island adalah Jasmund National Park. Dengan tebing batu kapurnya  yang diberi nama  Victoria-Sicht (Victoria’s View) dan  Königsstuhl (King’s Chair).

  1. Neuschwanstein

Kastil tua Neuschwanstein dalam bahasa Inggris adalah New Swanstone Castle. Neuschwanstein dibangun pada awal abad ke-19 di atas dataran setinggi 800m di atas permukaan laut. Lokasi Neuschwanstein tepat di kaki Pegunungan Alpen dan berbatasan langsung dengan Austria. Neuschwanstein berdiri dengan megah dengan aritektur bergaya Neo-Romanesque, Neuschwanstein di antara hijaunya pepohonan dan padang rumput yang luas di bawahnya.

Menurut sang pemilik Neuschwanstein, Raja Ludwig II lokasi kastil ini sangat sempurna. Hal tersebut seperti yang dia tuliskan dalam suratnya kepada Richard Wagner (komponis Jerman 1813-1883) ”the location is one of the most beautiful to be found, holy and unapproachable, a worthy temple for the divine friend who has brought salvation and true blessing to the world”, tulisnya.

Untuk masuk ke dalam Neuschwanstein para wisatawan harus ‘berjuang’. Hal tersebut karena dua hari sebelum menyambanginya, wisatawan harus mendaftar untuk mendapatkan tiket masuk. Tiket masuk baru dapat diterima setibanya wisatawan di kastil. Terdapat sebuah loket di downhill dekat dengan pemberhentian bus. Dari sini wisatawan bisa berjalan kaki menuju pintu masuk kastil  sepanjang perjalanan menuju pintu masuk tidak ada pemandangan kecuali pepohonan. Akan tetapi, setibanya di atas pemandangan cantik dapat dinikmati dan diabadikan dengan kamera.

  1. Cologne Cathedral

Cologne Cathedral merupakan sebuah gereja katedral Katolik Roma yang terletak di jantung kota Koln. Gedung gereja dengan bergaya Gothic tersebut dibangun pada tahun 1248 Masehi. Cologne Cathedral memiliki bentuk yang unik. Desain Katedral Cologne hampir mirip dengan Katedral Amiens.

Di dalam Cologne Cathedral terdapat beberapa spot yang wajib dilihat dan diperhatikan. Antara lain Altarnya yang masih berdiri dengan megah sejak tahun 1322 yang terbuat dari marmer hitam, Kuil Three Kings, 5 jendela yang terbuat dari kaca patri di dinding bagian selatan dari pemberian Raja Ludwig I of Bavaria.

  1. Lindau

Sebuah kawasan yang berada di tepi  Danau Constance terkenal dengan objek wisatanya yang banyak. Salah satunya adalah Lighthouse yang berada di kawasan dermaga danau dan Bavarian Lion Sculpture yang keduanya merupakan pintu masuk ke Lindau. Di Lindau terdapat gedung-gedung gereja, casino, dan teater yang wajib disambangi. Sebagai tambahan, wisatawan juga dapat melakukan boat trips di Danau Constance.

  1. Rhine – Romantic River

Sungai Rhine merupakan salah satu yang paling tepat untuk bersantai. Sungai panjang yang melintasi beberapa negara ini berhulu dari Swiss dan berakhir di North Sea, Belanda. Sungai Rhein memiliki aliran sungai sepanjang 1.233 km.

Sungai Rhine mengalir di beberapa titik di negara Jerman. Pada umumnya pemandangan sungai Rhine akan menjadi sangat cantik dan romantic di tepi sungai pada malam hari atau saat matahari terbit. Di sini memiliki suasana tidak terlupakan, terlebih bersama pasangan tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *